6.22.2008

Sawahlunto di Terpa Badai

Puluhan pohon kayu bertumbangan dan atap rumah warga banyak yang diterbangkan badai yang cukup kuat menghantam Sawahlunto. Badai juga menyebabkan aliran listrik sempat putus akibat jaringan yang ditimpa kayu tumbang. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui adanya korban jiwa maupun kerugian materil.

Dari pantauan sementara, badai menghantam Sawahlunto sekitar pukul 16.15 WIB. Pohon kayu tumbang, atap rumah warga berterbangan dan petir sesekali menyambar disertai kilat. Peristiwa ini berlangsung sekitar 15 menit. Atap Polresta Sawahlunto pun banyak yang berserakan akibat terjangan angin.

Angin deras disertai hujan tersebut berhembus dari selatan menuju utara Sawahlunto atau dari arah Silungkang menuju Talawi. Angin deras tersebut menerpa apa aja yang dilaluinya dan menumbangkan beberapa pohon kayu. Malahan kabel listrik berbuai seperti diayun.

Kapolsek Kecamatan Barangin, Iptu Heri Setiawan SH membenarkan peristiwa tersebut. Pihaknya saat ini masih melakukan pendataan kerusakan yang terjadi akibat badai tersebut. ”Yah, kita bersama Kesbang Linmas dan pihak yang terkait di Pemko Sawahlunto tengah melakukan pendataan kerusakan maupun kerugian,”.