6.18.2008

mengenali ciri-ciri virus

Mungkin virus banyak beragam jenisnya, akan tetapi kita mungkin dapat mengenalinya secara kasat mata secara umum. Tentang penanggulangan virus antara satu dengan jenis yang lain sangat berbeda karena tiap virus mempunyai karakter yang berbeda pula sehingga penanganannyapun berbeda. Maaf sekedar sharing saja buat para pemula seperti saya yang pengen belajar tentang komputer daninternet. read more....

Bahkan antivirus sekalipun apabila belum terupdate database nya terkadang tidak bisa mengenali virus yang terbaru. Oleh karena itu saran saya rajin update, paling lama seminggu sekali, biasanya tiap warnet menyediakan fasilitas tersebut, entah gratis ataupun bayar yang gak seberapa bila dibandingkan dengan jika kita mesti menyerahkan maintenance PC kita kepada tehnisi dan merogoh uang saku lebih dalam lagi.
Berikut ciri ciri file virus yang saya tahu :
1. icon folder yang ber file type aplikasi
2. desktop.ini ( tapi tidak semua berupa file bawaan virus.
3. shortcut yang menuju pada command.exe atau ms-dos application
4. folder.htt
5. Word, excell, image, notepad icon yang ber file type aplikasi atau extention.
6. msvb60.dll yang terletak pada drive yang tidak semestinya.

masih banyak lagi mungkin yang belum saya sebutkan disitu akan tetapi mungkin itu gambaran umum yang semoga dapat membantu menambah sedikit pengalaman. Akan tetapi kemampuan virusmaker pun semakin hari semakin bertambah pula terlihat dari sebuah folder yang ber filetype file folder akan tetapi itu sebenarnya juga virus, tapi masih terlihat dari file size nya yang sama. Sedikit tips untuk semua, dalam setting windows explorer hendaknya setting pada arrange icon by type, trus details, dan pada folder option untuk meminimalisasi menularnya virus dimana sebelum menyebar kita dapat mengenalinya biasanya saya setting show hidden file dan folder, trus uncheck hide protected operating system. Dimana kebiasaan virus pada umumnya akan menggandakan folder kita dan menjadikannya aplikasi dan menyembunyikan folder asli kita lewat setting diatas. Hal tersebut rupanya memang cukup ampuh untuk mengelabuhi para pemula yang sama sekali tidak mengenal komputer. Begitu icon folder itu di klik otomatis kita meng eksekusi virus untuk semakin cepat lagi menyebarkan serangannya, dan kalau sudah demikian, alternatif terakhir install ulang dengan resiko kehilangan data data yang anda simpan. Dan yang tersisa adalah kekesalan emosi dan emosi dimana PC kita yang pentium IV serasa pentium II. Demikian sedikit tips dari saya semoga bisa membantu untuk menghindari serangan virus.